Jumat, 12 Juli 2013

selamat tahun baru IMLEK GONG CHI FA CHAI tentang AGAMA KHONG HU CHU



HABIS NONTON BAB YANG HILANG DI KOMPAS TV

TENTANG AGAMA KHONG HU CHU

banyak orang tiong hoa yang trauma dengan peristiwa mei 1998
banyak peristiwa anarki..... diskriminasi..... pemerkosaan...... hingga pembunuhan
miris ya?

Peristiwa yang baru saja aku lihat
hari senin tanggal 4 februari 2013
DI SELECTA MALANG
waktu aku syuting video klip dangdut RANA MUSIKA RECORD
aku melihat anak remaja tiong hoa memakai PECI atau KOPIAH
bagaimana pendapatmu?
Bagi orang muslim mereka akan bersorak karena ada orang cina masuk islam
bagiku tidak
aku malah tidak suka
terlihat dari wajah remaja ini dia tidak JUJUR dan sedikit MEMBOHONGI HATINYA
kalau bukan orang muslim tidak usahlah berbuat seperti itu
itu tergantung sikap..... negosiasi..... dan komunikasi
kepada orang sekitar kita

AKU BELAJAR DARI TURIS KULIT PUTIH
entah itu orang amerika, inggris, canada dan lainnya
meskipun AMERIKA DIHUJAT
tapi turis yang ada di indonesia dan sekitar sekarang
santai aja tanpa ada rasa takut
meskipun seandainya orang pribumi kita akan membunuhnya
mereka seakan masa bodoh
kenyataannya
kalaupun ketemu orang pribumi
mereka malah senyum
mereka malah nggumun
mereka malah bilang WAW dan langsung koprol
ketika ketemu turis

hal seperti ini juga terjadi pada MIYABI
banyak berita yang MENGHUJAT DIRINYA
kenyataannya
para lelaki malah bersikap KAGUM pada dirinya
entah apa yang dipikirkan ketika berhadapan dengan miyabi
pikiren dewe rek

DISKRIMINASI DI KANTORKU
aku pun juga merasakan diskriminasi yang dialami oleh orang tiong hoa terutama orang khong hu chu
aku KEJAWEN
diskriminasi pada diriku bahkan terjadi di dalam rumahku sendiri
syukurnya aku nggak suka ribut dan bisa negosiasi

DI PT PAL
ketika aku menjadi satpam biasa, diskriminasi itu tidak ada
tapi ketika aku menjadi staf, aku kaget ketika aku tiba tiba ditanya pimpinanku
kenapa kamu tidak sholat?
Aku menjelaskan satu dua kali
tapi mereka tidak mau mendengar malah ceramah
sudahlah
ketika pengurangan karyawan
semua takut di pecat
tapi aku tidak
aku kemudian mengundurkan diri
kebetulan saat itu aku diterima menjadi EDITOR di PT BALAI PUSTAKA JAKARTA
banyak teman temanku mengira aku dipecat
masa bodoh
sak omong omongmu
jabatan STAF sudah termasuk TINGGI karena tidak ada satpam pt pal yang MAMPU

DI PT BALAI PUSTAKA JAKARTA
awalnya aku suka
semua keinginan yang tidak ada di pt pal
semuanya ada di pt balai pustaka
keinginan PAKE BAJU BEBAS di staf pt pal
terwujud di pt balai pustaka
keinginan PUNYA REKAN KERJA PEREMPUAN di pt pal
terwujud di pt balai pustaka
tapi.......
saat penerimaan karyawan baru
ada salah satu teman perempuan orang tiong hoa
pemimpin staf EDITOR PT BALAI PUSTAKA
orangnya perempuan BERJILBAB
sebenarnya bukan karena itu
banyak karyawan yang tidak suka pada dirinya
karena kalau ngomong nggak memperhatikan PERASAAN ORANG LAIN
di hari pertama
teman perempuan tiong hoa itu diberi pertanyaan
“agama resmi di indonesia ada berapa?”
(ih nggak penting banget...... bener bener nggak menghargai orang)
temanku menjawab apa adanya
pimpinan tanya lagi
“kong hu chu masuk agama resmi indonesia nggak?”
teman perempuan tiong hoa tidak bisa menjawab
alhasil
hari berikutnya dia tidak masuk lagi
hal diskriminasi ini ternyata juga terjadi padaku
aku juga tidak pernah sholat jumat pada bulan pertama di pt balai pustaka
aku dibilang yang aneh aneh
aku orang gila
(padahal aku belum ngaku kalau aku gila...... huuuuahahahaha)
aku dibilang KETEMPELAN
(dasar orang aneh)
terpaksa aku jadi ORANG MUNAFIK dan terpaksa sholat
hal ini aku melakukan secara TERPAKSA selama satu tahun
akhirnya aku tidak mau membohongi diriku sendiri
aku sering minggat saat jam kantor
akhirnya aku dipindah ke divisi MARKETING
ada untungnya juga
aku jadi belajar ilmu marketing
semua serba kebetulan
dan aku mengikuti seperti air mengalir
aku diterima di TABLOID PELANGI KOTA
jadinya aku mengundurkan diri dari pt balai pustaka

orang orang yang tidak bisa toleransi seperti orang yang aku ceritakan
patut dibinasakan dari muka bumi

KHONG HU CHU
KEJAWEN
punya hak yang sama
SEPERTI AGAMA YANG LAIN

mari kita menghargai hati orang lain

kalau kamu nggak punya hati.......
KE LAUT AJA

selamat tahun baru IMLEK
GONG CHI FA CHAI

surabaya, 10 Februari 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar