Minggu, 03 Agustus 2014

Cak Handoko Ludruk berlebaran di KEDIRI 2014

DEAR MY DIARY
Waktu sholat Ied tiba
Tapi kepalaku pusing
Nggliyeng seakan semua berputar
Aku takut mengalami STROKE
Seperti paklek yang seumuran denganku

Aku coba untuk mengingat-ingat
TADI MALAM MAKAN APA?
1 bersih darah kapsida
2 procold
3 tolak angin
4 psikotropika
5 panadol paracetamol
6 martabak
7 terang bulan
8 es degan kelapa muda

Aku minum obat obat ini rutin
Selama satu minggu
Menjelang lebaran
Supaya aku fit saat lebaran

1 bersih darah kapsida
Karena aku sakit kulit di kaki
Yang hingga 3 tahun tidak pernah sembuh
Aku beli obat ini untuk penawar
Bila aku tanpa sengaja
Bila aku terpaksa makan
IKAN dan sejenisnya
Juga TELUR rebus atau goreng
Bila tidak ada makanan lain
Terpaksa aku makan
Dan terpaksa aku minum penawarnya pula

2 procold
Aku seringkali flu ringan
Hanya karena minum es
Terntu saja es yang tidak higenis
Yang terbuat dari air mentah
Kalau flu aku akan tidur
Seperti SLEEPING BEAUTY
Yang tidak akan kuat bangun
Yang tidak akan kuat beraktifitas
Mata sulit dibuka

3 tolak angin
Seringkali aku masuk angin
Kadang aku tidak tau sebabnya
Yang pasti salah satunya
Adalah mandi malam hari
Kalau masuk angin
Akibatnya sama dengan flu
Tidak kuat bangun
Tidak kuat beraktifitas
Mata terasa berat untuk bangun

4 psikotropika
Aku divonis dokter
Sakit jiwa seumur hidup
Obatnya dibelikan ibuku
Rutin di RSAL
Pantanganku
Tidak makan....
Makanan yang banyak garam
Seperti mie ayam dan sejenisnya
Tidak minum....
Minuman yang mengandung cafein
Seperti kopi dan sejenisnya
Kalau terpaksa aku  makan dan minum
Karena tidak ada yang lain
Penawarnya hanya psikotropika
Bila tidak minum obat
Dadaku akan sesak....
Seperti ditindih ribuan tok beton
Dadaku akan panas....
Seperti magma yang meleleh
Jantungku akan berdetak kencang....
Seperti diremas oleh ribuan juara panco
Tapi kalau aku minum psikotropika
Akibatnya....
Akan juga ngantuk sulit bangun

5 panadol paracetamol
Flu atau masuk angin
Sering kali membuat aku
Pusing tujuh keliling

6 martabak
7 terang bulan
8 es degan kelapa muda
Ketiga makanan ini
Dibelikan bulekku dari kalimantan
Bukan beli dari kalimantan
Cuma dibeli di Kediri juga
Aku tidak minta
Dan ibuku memberikannya
Mengantarkannya ke kamarku
Aku mengurung diri
Supaya tidak dipaksa sholat
Ditengah kerumunan keluarga
Malam ketika baru datang
Ibu memaksaku untuk sholat
Ibuku mencoba mencubitku
Seperti anak kecil saja
Aku pun membentaknya
Sehingga ibuku tidak memaksa lagi
Karena aku bukan muslim lagi
Kalaupun iya.... karena aku menghargai
Menghargai ibuku
Menghargai saudaraku
Menghargai nenekku
Menghargai kerabatku
Yah.... ISLAM KTP istilahnya
Mau bagaimana lagi
Aku sudah punya kepercayaan lain
Orang lain tidak bolah memaksaku
Termasuk ibuku sendiri

Malam harinya aku tidak bisa tidur
Hatiku tertekan
Kok tidak ada yang bisa menghargaiku
Kok tidak ada yang bisa memahamiku
Kok tidak ada yang bisa toleransi

Shubuh semua sudah bangun
Tapi aku tidak sholat
Bangun dari tempat tidur
Kepalaku tiba tiba nggliyeng
Semua tembok rasanya berputar
Apakah ini tanda tanda STROKE
Seperti paklek yang seumuran denganku
Aku tidak mau to
Aku tidak ingin
Aku masih muda
Jalanku masih panjang
Aku tidak ingin TAMAT karena STROKE

Paklekku STROKE
Jatuh di kamar mandi dan tidak bisa bangun
Dia kan punya sejarah
Suka minum kopi
Suka merokok
Sedang aku tidak
Kalaupun aku tiba tiba STOKE
Karena apa?
Aku hidup sehat
Tidak minum kopi
Tidak merokok
Tidak mabuk minuman keras
Tidak suka oplosan
Terus kira kira apa

Aku coba ingat-ingat
Tadi malam makan apa?
Apa pengaruh ya?
Dari 8 unsur yang aku sebutkan

Tak lupa aku selfi ketika di lapangan
Tempat untuk sholat Ied

Aku pake baju batik
Hasil design ku sendiri
Gabungan modern
Gabungan tradisional
Modern karena modelnya jangkis
Tradisional karena dari batik
Yang biasa dipake untuk nenek nenek
Ada rasa malu
Karena pake kain batik kuno
Ada rasa percaya diri
Karena modelnya jangkis

Semua pake baju baru
Untungnya bajuku juga baru
Walau 2 bulan yang lalu aku beli
Termasuk baru

Walau sandalku tidak baru
Toh saat sholat kan dilepas
Tidak baru
Mbulak
Mbladus
Jahitan ada yang lepas
Njengat lem solnya lepas
Tapi masih bisa dipake

Malu itu hemat kok
Jadi tidak usah keluar uang
Untuk beli yang baru
(alaaaaaaah cak
Ngomong ae lak nggak
Duwe duwek.....
Huuuuahahahahahaha)

Walau semua orang pake baju baru
Tapi kontras dengan kulit mereka
Yang coklat
Yang mbesisik
Yang kusam
Kan mereka rata rata petani

Aku masih kelihatan
Sedikit....
Little....
Tiny....
LEBIH TAMPAN
(memuji diri
Supaya nggak stress
Yo cak?)

Yang unik aku melihat
Anak keterbelakangan mental
Bersama kedua saudaranya
Sedikit yang dia lakukan
Saudaranya langsung mencegahnya
Saudaranya langsung memperingatkannya

Jadi teringat diriku sendiri
Ketika dikarantina di rumah sakit jiwa
Jadi idiot karena eksperiment obat
Aku pikir saat itu aku akan idiot selamanya
Dipaksa minum obat
Dipaksa suntik
Dipaksa disetrum kepalaku
Yang ternyata lambat laun
Aku jadi super cerdas
“MEMBACA” terlalu cepat
“MEMBACA” terlalu jauh
“MEMBACA” terlalu dalam
Melebihi INDIGO
Melebihi PERAMAL
Melebihi PSIKIATER

HARI LEBARAN TAHUN INI
Aku seharusnya bersyukur
Walau hatiku sakit
Paling tidak tubuh fisikku
MASIH SEMPURNA

Tapi bersyukur pada siapa
Tuhanku beda dengan mu
Tuhan yang kamu bayangkan
Beda dengan
Tuhan yang aku bayangkan

Sudah ah tidak akan aku lanjutkan
Karena terlalu daleeeeeeeeem
Nanti kamu jadi estafet
SAKIT JIWA sama denganku

Surabaya, Senen 28 Juli 2014
SELAMAT IDUL FITRI
MOHON MAAF LAHIR BATIN

@bocah pare kediri
@batik arek suroboyo
@butik batik arek suroboyo
@buku harian dwi handoko
@dwi handoko punya cerita
@cak handoko ludruk
@cak handoko ludruk
@handoko hanoman
@handoko janoko
@hands production
@hands book

Ikuti ceritaku selengkapnya di BLOG:

Cak handoko ludruk

Buku harian dwi handoko

Handoko janoko

Bocah pare kediri

Butik batik arek suroboyo

Batik arek suroboyo












Tidak ada komentar:

Posting Komentar